Kamis, 06 Agustus 2015

Kesalahan Mencuci Rambut


"Keramas; suatu aktivitas yang biasanya dilakukan di akhir saat mandi"
gimana,mimin bener ga?


Mencuci rambut atau keramas merupakan hal yang rutin yang biasa dilakukan oleh setiap orang baik wanita maupun laki laki agar rambut yang dimilikinya tetap terjaga dan bersih dari kotoran dan bau.
Banyak orang yang beranggapan bahwa masalah yang terjadi pada rambut anda itu disebabkan oleh debu, paparan sinar matahari dan faktor cuaca lainnya. Tapi masalah pada rambut sendiri bisa disebabkan karena keramas yang salah, dan ini hal yang bisa membuat rambut rusak saat keramas.


  • Mencuci Setiap Hari

Mungkin anda sering melakukan keramas atau mencuci rambut setiap hari,bahkan sehari bisa 2x mencuci rambut karena beralasan bau, kotor dan berkeringat. Namun hal ini dapat merusak rambut anda sehingga rambut anda menjadi kering dan kusam.

  • Memakai sampo dan kondisioner yang terlalu banyak
Memakai sampo dan kondisioner terlalu banyak dapat menyebabkan kulit kepala anda bermasalah, karena jika sampo dan kondisioner yang berbahan kimia tersebut tidak tercuci dengan bersih maka akan menumpuk dan menempel di kepala sehingga kulit kepala menjadi berketombe.

  • Menggunakan Air Terlalu Panas
Mencuci rambut dengan air hangat memang hal wajar saja asal jangan terlalu keseringan karena dapat membuat rambut anda berminyak. Namun yang menjadi masalahnya yaitu anda kerap kali berkeramas menggunakan air yang terlalu panas hal ini perlu anda hindari karena dapat merusak kutikula rambut anda.

  • Mengunakan Merk yang Berbeda
Mungkin anda kerap kali mengganti merk sampo yang berbeda saat berkeramas karena beralasan sampo yang anda pakai habis. Padahal mengganti merk sampo dapat berpengaruh dan menimbulkan masalah baru. Sebaiknya jika anda sudah memakai sampo dengan merk yang satu tetaplah gunakan sampo tersebut jangan menggantinya dengan merk sampo yang lain sehingga rambut tidak akan terus menerus menyesuaikan dengan sampo yang memiliki kadar kimia yang berbeda.

  • Membilas Terlalu Lama
Untuk anda yang memiliki rambut di warnai sebaiknya hindari membilasi terlalu lama, karena hal itu dapat membuat warna pada rambut anda memudar.

  • Terlalu Sering Menggunakan kondisioner
Memakai kondisioner memang baik karena rambut akan lebih lembut. Namun terkadang banyak orang yang memakai sampo yang berkondisioner masih tetap saja menggunakan kondisioner yang terpisah, hal itu dapat menyebabkan rambut berminyak dan lepek.


  • Terlalu Memakan Waktu Saat Keramas
Terlalu lama keramas bukan membuat rambut menjadi terlihat indah,tetapi akan terlihat kusam sebaiknya keramas dilakukan 2-3 menit lalu bilas sampai bersih

  • Menyisir Rambut Saat Sesudah Keramas
Hindari menyisir rambut. Apabila telah selesai keramas dan rambut masih dalam keadaan basah, hindari menyisir rambut. Hal tersebut perlu dilakukan supaya rambut tidak rontok dan menimbulkan masalah rambut mudah patah. Setelah kering, sisir rambut anda dengan sisir bergigi jarang kemudian gunakan sisir yang bergerigi tipis.

  • Mengeringkan Rambu yang Salah
Mengeringkan rambut inilah hal yang kurang dicermati pada saat keramas. Hindari menggosok rambut dengan handuk kering pada saat mengeringkan rambut. Cara yang lebih baik untuk mengeringkan rambut adalah secara alami dengan cara di angin-anginkan menggunakan kipas angin. Jika anda memilih menggunakan hair dyer untuk mengeringkan rambut, gunakan suhu yang tidak terlalu panas dan jarak antara hair dyer dengan rambut tidak terlalu dekat supaya rambut tidak menjadi kering dan kusam.


sekian hal-hal yang perlu diperhatikan saat mencuci rambut (keramas) semoga membantu.


sumber

Tidak ada komentar :

Posting Komentar